Bagaimana Cara Mem Backup Kontak ke Akun Google Anda

Kehilangan daftar kontak dalam kartu SIM pasti membuat kita menjadi kesal. Apalagi, semua daftar nomor-nomor penting yang ada didalam kartu SIM tersebut lenyap akibat rusak atau hilangnya kartu SIM anda. Tentu kita harus meminta lagi kepada orang yang bersangkutan untuk mendapatkan nomornya kembali. Dari hal tersebut kita bisa menyiasati bagaimana caranya agar daftar kontak kita di android aman, dengan mencadangkannya di sebuah tempat penyimpanan yang canggih pula. Yaitu di penyimpanan online google account. 
Yah, fitur google yang mendukung untuk menyimpan kontak nomor telepon tanpa batas termasuk alamat email, dan sebagainya sangat bermanfaat sekali bagi pengguna android. 
Nah, kali ini kita akan membahas cara dan langkah-langkah mencadangkan daftar kontak didalam kartu sim menggunakan akun google.

1.Masuk ke aplikasi Contact

Meskipun banyak perangkat android yang berbeda versi, namun saya kira ada aplikasi "contact" atau "people" untuk menyimpan data atau kontak teman dan keluarga anda. Silahkan masuk ke aplikasi tersebut, kemudian klik 3 titik di pojok kanan atas, mungkin ada yang berbeda dengan tampilan di bawah ini.
Bagaimana Cara Mem Backup Kontak ke Akun Google Anda


2.Pilih Account

Setelah anda mengetuk 3 titik di bagian pojok atas, maka akan muncul beberapa opsi/pilihan. Silahkan pilih account, anda akan masuk ke sebuah halaman berisi akun google, linkendln, facebook, dll. Jika anda memiliki beberapa akun google, silahkan pilih salah satu akun google yang menurut anda sebagai akun utama anda untuk mencadangkan kontak.
Bagaimana Cara Mem Backup Kontak ke Akun Google Anda


Setelah anda memilih akun yang akan digunakan untuk mencadangkan kontak, anda akan dibawa ke halaman berikutnya dimana akun google akan melakukan proses sinkronisasi atau sync segala sesuatu yangterhubung dengan akun google termasuk kontak. Tunggu beberapa detik proses back up akan selesai.
Bagaimana Cara Mem Backup Kontak ke Akun Google Anda
Gimana?  Mudah bukan dengan adanya fitur sinkronisasi ini semua data terbaru,otomatis di back up dan tersimpan di akun google anda. Hal ini mirip dengan cloud yang menyimpan musik, foto atau video sehingga file penting tetap terjaga dan terselamatkan jika terjadi kerusakan atau masalah pada penrangkat android anda.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Root Android dan resikonya

Cara Membuka Kunci Layar Karena Lupa Password, PIN atau Pola