Pengalaman Root Android dan resikonya

Begitu banyak pengguna smartphone ingin root android nya karena manfaatnya akan lebih besar jika kita melakukan hal tersebut ke perangkat android. Kemudahan untuk root android saat ini dan begitu banyak teman yang root android, kita pun menginginkan hal tersebut terjadi pada perangkat android kita. Dengan root android maka kita akan lebih dalam mengakses dan mengoprek android kita.
Pengalaman Root Android  dan resikonya
Pengalaman Root Android  dan resikonya
Seberapa besarkah manfaat android yang kita root?
Pertanyaan yang sangat bagus.
Begitu banyak hal yang akan kamu temukan jika anda melakukan tersebut. Anda dapat mengakses android lebih mendalam seperti: mengganti tampilan android, menghapus aplikasi bawaan android yang tidak anda perlukan, bahkan mengganti sistem dan dan rom android sehingga bukan menjadi perangkat yang kita beli saat pertama dan sudah menjadi perangkat lain.
Anda juga dapat menginstal aplikasi ilegal yang dapat meningkatkan performa android. Tapi tak jarang orang yang mengenal root. Dan apa yang terjadi dengan android yang tak tau manfaat root, dan memaksakan kapasitas dan kualitas headset yang rendah dengan akses yang tak wajar.
Inilah resiko root android jika anda tidak ingin android anda rusak.
Banyaknya akses yang di perbolehkan anda  untuk mengoprek perangkat android anda, membuat kita lupa diri dan loss control. Anda akan semena mena mengeksploitasi kemampuan android anda diluar ketentuan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pembuat android. Hal ini akan merugikan kita karena:
-android yang sudah kita root, secara otomatis garansi akan hilang.
Kenapa?
Jika perangkat kita rusak, kita tidak dapat menggunakan garansi tersebut ke service center, karena perangkat yang telah anda root diluar tanggung jawab penyedia headset tersebut. Bisa jadi kerusakan perangkat terjadi karena android yang telah anda root.
-perangkat menjadi tidak wajar karena aplikasi yang tidak sesuai
Android yang kita root dan kita isi dengan aplikasi atau mengganti rom android yang tidak sesuai, akan menyebabkan perilaku dan kinerja android akan berbeda. Seperti: bootloop, kinerja android lambat, aplikasi dan yang tidak berfungsi, dan sebagainya.
-aplikasi tidak berfungsi maksimal karena aplikasi pendukung yang telah terhapus.
Hal ini terjadi jika anda menghapus aplikasi pendukung seperti google setting. Otomatis aplikasi yang terkait dengan aplikasi tersebut tidak dapat dibuka atau dijalankan seperti google playstore.
-kerusakan pada sistem akan lebih sering terjadi
Dari pengalaman saya yang mempunyai android yang telah diroot, perangkat saya sering bootloop dan membuat jengkel. Hal ini terjadi ketika saya mengisi aplikasi yang tidak sesuai dengan prosesor perangkat android.
-fitur penting tidak berfungsi karena firmwire telah diganti.
Saat itu saya menggunakan perangkat android lenovo seri A369i versi android jelly bean 4.2. Karena ingin memiliki versi yang lebih tinggi dan fitur yang lebih maksimal, sayapun mengganti ROM android dan memodifikasi nya hingga menjadi sony xperia versi kitkat 4.4. Namun disamping akses yang lebih baik dan tampilan yang cukup menarik, ada fitur penting yang tidak berfungsi yaitu kamera hal tersebut membuatku menyesal.
-android cepat panas
Mengapa? Jika kita mengaplikasikan aplikasi yang tidak sesua dan ilegal hal ini dapat terjadi pada perangkat anda yaitu android akan cepat panas.
-sinyal tidak stabil
Karena saya menggunakan custom rom pada waktu itu, sinyal yang saya dapatkan sangatlah susah. Bahkan tidak ada sinyal yang nyantol di perangkat android saya. Mungkin ini terjadi karena custom rom yang saya gunakan tidak sesuai dengan perangkat keras dari headset saya.
-android sering bootloop
Karena hal ini terjadi seperti aplikasi yang keluar sendiri saat di jalankan, bahkan android hanya stay di logo saat android ingin saya nyalakan. Inilah yang dinamakan bootloop, dan sayapun harus menginstal ulang firmwire yang lebih baik agar android tetap normal.
Nahh..banyakkan resiko yang harus di hadapi jika anda meggunakan android yang di root. Sebaiknya anda menggunakan perangkat yang sewajarnya. Karena dengan mengeksploitasi terlalu dalam perangkat anda hal-hal diatas dapat membuat pusing dan menjengkelkan. Untuk itu mari kita pikirkan terlebih dahulu hal yang akan kita lakukan dengan resiko yang cukup tinggi.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Membuka Kunci Layar Karena Lupa Password, PIN atau Pola